Assalamu
‘alaikum Wr. Wb.
Disampaikan
dengan hormat, sehubungan dengan telah diluncurkannya aplikasi
Desktop Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, maka dengan ini kami
informasikan beberapa hal sebagai
berikut :
1. Sebelum melakukan updating data
semester genap TP 2016/2017, madrasah yang belum melakukan verifikasi dan
validasi satuan pendidikan (Verval-SP) EMIS diharuskan menyelesaikan Verval SP
EMIS selambat-lambatnya pada tanggal 28 Februari 2017.
2. Aplikasi Desktop dan Form Emis Excel dapat
diunduh pada akun emis SDM masing-masing pada laman
http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
3. Untuk lembaga yang harus melakukan
revisi / masih terdapat kekurangan pada data yang diupload pada Semester Gasal
Tahun Pelajaran 2016/2017. Silahkan untuk melakukan revisi pada semester Genap
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Untuk
Melihat Kekurangan Data silahkan klik Daftar Lembaga Yang Harus Melakukan Revisi Pada Semester Genap TP. 2016/2017
4. Untuk Lembaga yang terdapat perubahan,
baik pada data Siswa maupun data PTK mohon untuk melakukan update pada semester
Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
5. Untuk lembaga yang sudah sesuai /
tidak terdapat kekurangan pada data yang diupload pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 dan tidak terdapat
perubahan data (data semester genap sama dengan semester ganjil) dapat langsung melakukan konfirmasi pada laman
http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617,
dengan catatan data siswa sudah sesuai dengan data pada ijazah jenjang
sebelumnya (untuk MTs dan MA).
Silahkan
klik
Data Lembaga Yang Sudah OK
6. Untuk jenjang RA/MI pastikan data
sudah sesuai dengan akte kelahiran/kartu keluarga.
7. Update Online EMIS melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617, sudah dapat dilakukan.
8. Update Online EMIS sudah harus selesai paling lambat sampai tanggal 07 Maret 2017
9. Setelah melakukan update Online segera sampaikan konfirmasi ke operator Kabupaten baik melalui Telepon maupun WA. (085222276097)
10. Panduan Updating Data EMIS Semester
Genap TP 2016/2017
a.
Mekanisme Perbaikan/Update
Data pada Semester
Genap
Perbaikan/Update Data pada Semester Genap ini sesungguhnya
rangkaian berkelanjutan dari Update Semester Ganjil. Lembaga jika pada semester
Ganjil sudah melakukan upload dan yakindatanya sdh sesuai dengam kondisi
semester Genap ini, sesungguhnya lembaga hanya tinggal klik ulang tombol
konfirmasi melalui akun lembaga.
b.
Revisi Ruang Kelas
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Sarpras
dan sub menu Rincian Ruang Kelas, silahkan semua kolom pada pertanyaan tersebut
diisi dengan sempurna dan se-akurat mungkin sesuai dengan kondisi riil di
lapangan (jangan sampai ada kolom yang tidak diisi). Pehatikan Satuan Panjang dan Lebar dalam satuan meter (m).
Jumlah Baris data pada tampilan tersebut mencerminkan jumlah ruangan kelas yang
digunakan.
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap
Siswa pada sub menu Rombel Ganjil TP 2016/2017 (abaikan keterangan Ganjil).
Jumlah Baris akan terekam dari form rincian Ruang Kelas pada menu sarpras.
c.
Revisi Kelas Paralel
Perhatikan pada form xls, kolom Kelas Pararel
dan No Absen. Kelas pararel wajib diisi dengan format angka 01, 02, dst
sebanyak berapa kelas pararel pada satu jenjang kelas tertentu. Bilamana tidak
memiliki kelas pararel alias hanya satu rombel saja pada jenjang kelas
tertentu, maka pada kolom kelas pararel diisikan dengan format angka 01.
Untuk Nomor absen, silahkan diisikan berapa
nomor absen siswa tersebut dalam satu rombel dengan format angka 1, 2, 3,
dstnya. No Absen ini akan berulang mulai angka 1 kembali bilamana kelas dan
kelas pararelnya sudah berbeda rombel.
d.
Revisi TMT Awal Guru
Perhatikan pada form xls untuk data detil ptk,
silahkan cermati kolom tanggal lahir dan sk tmt awal. Usia diangkat sebagai
Guru bilamana menurut acuan Undang-Undang Ketenagakerjaan maka usia minimal
tenaga kerja adalah 16 Tahun
e.
Revisi
Riwayat Pendidikan Guru
Perhatikan pada form xls untuk data detil ptk,
silahkan cermati kolom riwayat pendidian bagi PTK dgn jenjang minimal D4/S1,
banyak yang di kolom ini tdk “terisi” dgn baik.
f.
Revisi
PPDB Daftar PPDB Diterima
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap
Siswa sub Menu Ringkasan PPDB. Isikan form tersebut dengan lengkap dan Akurat. Ingat Logika matematika berlaku disini
bahwasannya Daya Tampung tidak boleh melebihi daftar siswa yang diterima,
jumlah siswa diterima juga tidak boleh melebihi jumlah siswa pendaftar. Jumlah
siswa disini (diterima) cek dengan data detil siswa. Ingat berlaku rumus
matematika bahwasannya jumlah siswa detil (siswa baru) tdk boleh lebih besar
dari ringkasan data yang diisikan pada form ini.
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap
Siswa sub Menu pendaftar TP 2016/2017. Isikan sebaran Jumlah Siswa Pendaftar
dan diterima sesuai dengan kategori asal siswa. Ingat Jumlah siswa pendaftar
dan di terima harus sesuai dengan jumlah pendaftar dan di terima dari sub menu
ringkasan PPDB. Jumlah siswa disini (diterima) cek dengan data detil siswa.
Ingat berlaku rumus matematika bahwasannya jumlah siswa detil (siswa baru) tdk
boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini.
g.
Revisi
Siswa Tahun Lalu
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap
Siswa sub Menu siswa dan rombel 2015/2016. Isikan form tersebut dengan akurat
dan cermat (termasuk data DO, pindah masuk, pindah keluasr) isikan dengan
cermat sesuai dengan kondisi riil yang terjadi selama TP 2015/2016. Pada Siswa
Naik Tingkat cek dengan jumlah siswa detil. Ingat berlaku rumus matematika
contohnya jumlah siswa detil di kelas 2 (saat ini) yg berasal dari kelas 1
sebelumnya tidak boleh lebih besar dari jumlah siswa naik kelas pada form ini.
h.
Revisi Sarpras
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Sarpras.
Silahkan lengkapi data sarpras seakurat mungkin. Catatan jika tidak memiliki
jumlah unit yang ditanyakan silahkan diisikan dengan angka 0, namun jika
memiliki jumlah unit yang ditanyakan silahkan isikan dengan angka 1, 2,3 dstnya
sesuai dengan jumlah unit. Isikan angka sesuai dengan kolom form yang diminta.
Contohnya jika yang diminta jumlah unit silahkan isikan dengan jumlah Unit yang
dimiliki atas satuan yang diminta, jika yang diminta luasan maka isikan jumlah
luasan ruang dari unit yang dihitung dalam satuan meter persegi
i.
Revisi
Lulusan
Perhatikan pada form xls, pada detil Lulusan,
Silahkan diisikan setiap kolom data informasi terkait Lulusan dengan Lengkap
dan Akurat. Ingat Tidak Boleh satu pun kolom yang tercecer yang tidak diisi
atau salah format pengisian nilai2 hasil UN/US pada masing-masing mapel.
Demikian disampaikan untuk
menjadi perhatian dan segera ditindaklanjuti. Atas perhatian dan kerjasamanya
diucapkan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar