Senin, 02 Juni 2014

SURAT EDARAN TENTANG PENDATAAN EMIS MENGGUNAKAN APLIKASI DESKTOP

                                                            Nomor : Kd.10.05/PP.00/1212/2014
Kepada Yth.                                                                                                               Garut, 2 Juni 2014
Kepala RA/MI/MTs/MA Negeri/ Swasta
Se Kabupaten Garut

            Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor: SE/DJ-I/PP.00.9/63/2013 Tanggal 24 Juli 2013 Tentang Kebijakan Pendataan Pendis Satu Pintu Melalui EMIS, maka Kami sampaikan kepada seluruh RA/MI/MTs/MA Negeri/ Swasta, di lingkungan Kementerian Agama Kab. Garut agar segera melakukan proses backup data EMIS 2014 dengan menggunakan Aplikasi Desktop. Untuk RA belum ada Aplikasi Desktop (masih dalam proses). Adapun yang perlu diperhatikan :
1.    Aplikasi Deskop ini menindaklanjuti/menggunakan data pada File Excel Pendataan Emis Semester Genap 2013/2014 (yang telah di isi oleh RA/Madrasah).
2.        Aplikasi Desktop ada 2 versi, yaitu Versi 32-bit dan versi 64-bit
3.  Aplikasi yang digunakan silahkan pilih (yang 32-bit atau 64-bit) TAPI DISARANKAN MENGGUNAKAN WINDOWS & OFFICE YANG 32-BIT SUPAYA LEBIH LANCAR, sesuaikan dengan kondisi sistem operasi dan aplikasi office/windows pada komputer/laptop masing-masing.
4.        Aplikasi EMIS 32-bit dapat digunakan pada Komputer/Laptop dengan Sistem operasi 32-bit dan office 32-bit.
5.         Aplikasi EMIS 64-bit dapat digunakan pada Komputer/laptop dengan sistem operasi 64-bit dan office 64-bit.
6.     Cara mengecek Sistem Operasi komputer/laptop Sistem operasi 32-bit / 64-bit yaitu Klik Star Botton sorot ke Computer klik kanan pilih Properties atau Klik Star Pilih Control Panel, Pilih System and Security, kemudian Pilih System.
7.        Untuk username dan password bisa di lihat pada FAQ Pendataan EMIS Semester Genap 2013-2014 (http://emispendis.kemenag.go.id/index.php?view=pengumuman&id=11).

Secara garis besar, langkah kerja menggunakan aplikasi desktop sebagai berikut :
1.         Download Aplikasi Pendataan EMIS Semester Genap 2013-2014 versi Windows 32-bit, silahkan pilih menu masing-masing jenjang pendidikan selanjutnya pilih juga petunjuk installasi dan pengoperasian, serta daftar Madrasahnya pada http://emispendis.kemenag.go.id/index.php?view=pengumuman&id=12.
2.   Download juga Update Aplikasi validasi Emis MI, MTs dan MA khusus Windows 32-bit pada http://emispendis.kemenag.go.id/index.php?view=pengumuman&id=13.
3.    Untuk yang menggunakan sistem operasi windows 64-bit bisa download Aplikasi Pendataan EMIS Semester Genap 2013-2014 versi Windows 64-bit pada http://emispendis.kemenag.go.id/index.php?view=pengumuman&id=14.
4.    Sebelum melakukan instalasi Aplikasi silahkan setting terlebih dahulu format regional computer anda caranya :
a.    Buka Start Botton, kemudian klik Control Panel, kemudian klik Clock, Language, and Region, kemudian klik tab menu formats, setting ke English (united States) dengan date and time format untuk short datenya harus MM/dd/yyyy.
b.   Setelah itu silahkan klik Apply dan kemudian klik Ok kemudian silahkan tutup semua jendela tampilan yang terbuka dengan mengklik X, setelah semua jendela tertutup, silahkan matikan komputer anda dan nyalakan kembali komputer anda (Restart Komputer anda).
c.   Jika komputer anda masih menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows XP (SP2 maupun SP3), silahkan untuh terlebih dahulu link berikut ini : Download Microsoft.NET Framework 3.5 Service pack 1 (Full Package) from Official Microsoft Download Center.
5.     Setelah anda unduh silahkan jalankan atau installkan file hasil unduhan tersebut sampai dengan selesai, lalu restart computer anda.
6.        Install/copy aplikasi desktop sesuai dengan kondisi bit sistem operasi dan office yang digunakan.
7.       Jalankan aplikasi, lakukan login, untuk tahun Ajaran 2013/2014 semester genap.
8.       Lengkapi isian data Profil, Sarpras, Rekap PTK, Rekap Siswa.
9.       Upload data detail PTK/Personil (dari data emis personal semester genap TP 2013/2014 versi excel).
10.    Upload data detail Siswa (dari data emis siswa semester genap TP 2013/2014 versi excel).
11.    Lakukan Backup data.
12.   Kirimkan hasil backup data yang ada pada Folder database yang berextensi EMIS File sebanyak 3 file yaitu 1.) Lembaga - MTS – NSM Madrasah, 2.) PTK - MTS – NSM Madrasah, 3.) Siswa - MTS – NSM Madrasah ke email Emis Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Garut : (emiskabgarut@gmail.com).
13.    Untuk nama file pada folder yang dikirimkan ke email Kabupaten mohon dituliskan : Nama Jenjang-NSM-Nama Lembaga (contoh : MTS-121232050001-Al Hikmah 1 Talegong).
14.  Mohon segera dipelajari dan dicoba kemudian diemailkan, backup data Emis sudah kami terima emailnya paling lambat Jum’at, 6 Juni 2014 Jam 16.30 WIB, selanjutnya akan digabung dan dikirim ke Kanwil Kemenag Jawa Barat.
15.   Untuk konsultasi Aplikasi Deskop bisa menghubungi Koordinator/Operator KKM masing-masing atau CP. 085223750777.
        Surat resmi dapat dilihat di sini:
       - untuk hal 1
       - untuk hal 2
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

10 komentar:

  1. Bagi Madrasah yang baru dan belum pernah masuk ke akun EMIS Online tetap bisa Update data ke Aplikasi EMIS DEKSTOP silahkan Hubungi CP. 085223750777

    BalasHapus
  2. MI Panamur Kec. Kersamanah Kab. Garut NSM 111232050185 alhamdulillah sudah mengirimkan file back up nya mohon di cek kelengkapannya HATUR NUHUN

    BalasHapus
  3. MI.Cokroaminoto Panyingkiran alhamdulillah sudah mengirim hasil back up nya

    BalasHapus
  4. untuk format exl buat ngisi detil ptk dan detil siswa darimana ya? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  5. Alhamdulilah MI Dayeuhmanggung dan MI Cikoneng sudah mengirimkan hasil Back up nya mohon di check bila ada kekurangan dan kesalahan.

    BalasHapus
  6. pak saya gak bisa masuk terus, gimana caranya lihat username dan paswordnya? mi al-mukhlis

    BalasHapus
  7. alhamdulillah teu bisa kulem teu lantaran teu lebet-lebet

    BalasHapus