Rabu, 15 Juli 2015

UPDATING DATA EMIS SEMESTER GANJIL TP. 2015/2016 BERBASIS MS. EXCEL

PENGUMUMAN
Kepada Yth.
Kepala/Operator RA, MI, MTs, MA Negeri / Swasta
di Lingkungan Kemenag Kabupaten Garut


Assalamualaikum .wr.wb.
Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tanggal 2 Juli 2015 Tentang Pengantar Pemutahiran Data EMIS Semester Ganjil TP 2015/2016, Untuk itu agar melakukan hal berikut :
  1. Segera melakukan Edit Data EMIS berbasis Ms. Excel Semester Ganjil TP 2015/2016 (isi dengan lengkap jangan sampai ada yang terlewat kolom isiannya, setelah lengkap arsipkan di masing-masing Operator RA/Madrasah sampai muncul Aplikasi EMIS Dekstop);
  2. Pastikan data yang tercantum pada EMIS Valid (Sesuai dengan data sesungguhnya) TIDAK ADA kolom data yang kosong TIDAK DIPERKENANKAN mengisi data jika tidak ada datanya dengan menuliskan – (strip) atau 000000 ;
  3. Data EMIS yang di buat adalah Data Lembaga, Data Personil, Data Siswa, dan Lulusan dalam format Excel Bisa di Download di sini;
  4. Kolom / Data Isian Tambahan di File Lembaga : I. D. 8. Tanggal Berakhir Akreditasi, I. I. Jarak Madrasah Kelokasi Tertentu, II. Kondisi Sarana Prasarana, III. Rekap PTK, V. Kegiatan Belajar Mengajar dan Ekstrakurikuler, VI. Keuangan dan Kebutuhan Madrasah. File Siswa : NPSN (Sesuai dengan yang terdaftar di SDM PDSP), Desa/Kelurahan, Kode Pos, NIK Siswa, Kelas Pararel, Nomor Absen di Kelas, Rangking di Kelas, Hobi, Cita-cita, Jumlah Saudara, Jenjang Sekolah Pada Jenjang Sebelumnya (Jenis Sekolah, Status Sekolah, Kab/Kota Lokasi Sekolah, No. Peserta/SKHUN Pada Jenjang Sebelumnya, Jarak Rumah Siswa ke Madrasah, Transportasi dari rumah ke Madrasah, NIK KTP Ayah, NIK KTP Ibu, KIP, Prestasi Tertinggi yang pernah di raih siswa (Bidang Prestasi, Tingkat Prestasi, Peringkat yang diraih, Tahun Meraih Prestasi), Beasiswa Tahun 2015 (Status Beasiswa, Sumber Beasiswa). File Personal : NPSN (Sesuai dengan yang terdaftar di SDM PDSP), Desa/Kelurahan, Kode Pos, TMT SK CPNS, Status Penugasan, Identitas Satminkal (Jenis Satminkal, NPSN Satminkal), Status Keaktifan Personal, Nomor SK NRG, Tanggal SK NRG, Penghargaan Tertinggi Yang Pernah Diperoleh (Khusus Pendidik), Pelatihan Peningkatan Kompetensi Yang Pernah Diikuti oleh Kepala Madrasah (Khusus untuk Kepala Madrasah), Alamat Rumah/Tempat Tinggal Personal, Jarak Rumah Ke Madrasah Tempat Tugas, Transportasi dari Rumah Ke Madrasah Tempat Tugas, Nomor HP. Untuk File Lulusan tidak ada penambahan kolom
  5. Pada nama lembaga RA/Madrasah tidak perlu diawali dengan singkatan RA, MI, MTs, atau MA Cukup menuliskan nama Lembaga saja Contoh : Miftahul Islamiyah Daftar Lembaga RA Madrasah Hasil Verval On Line 2015 di Download di sini Jika masih ada titik koordinat yang salah mohon di perbaiki ketika On line karena wajib benar;
  6. Penggunaan huruf KAPITAL hanya pada huruf awal setiap kalimat Contoh : Nurul Huda
  7. Penulisan alamat cukup sampai RT dan RW tidak perlu menuliskan Desa, Kecamatan, Kabupaten karena ada pada kolom yang lain contoh : Kp. Cigentur RT.03 RW.04
  8. Data Profil Lembaga harus diisi lengkap dan sama dengan yang di input di Aplikasi Dekstop (Aplikasi menyusul), terutama jumlah siswa tidak diperkenankan ada yang berbeda. Pengisian Sarana Prasarana Pendukung BUKAN di ceklish tetapi diisi JUMLAH sesuai dengan asli dilapangan. Nomor Telpon / HP WAJIB DIISI dengan Nomor Yang AKTIF (Kepala/Operator) dan BUKAN milik orang lain;
  9. Jika Data di Copy dari data semester Ganjil dalam hal Vaste nya menggunakan Vaste Values.
  10. Terkait dengan data Penerima BSM dan Data Pendukungnya (Nomor KPS, Nomor PKH, Nomor KK, NIK dan lain-lain) mohon dengan sangat untuk dipastikan akurasinya jangan asal isi, karena hasil matching ini akan digunakan sebagai dasar penerbitan Kartu Indonesia Pintar (KIP);
  11. Pemutahiran data EMIS Semester Ganjil TP 2015/2016 tanggal 2 Juli 2015 dan akan Berkahir pada tanggal 3 Oktober 2015.
  12. Instrumen dan aplikasi pendataan EMIS Semester Ganjil 2015/2016 di sediakan oleh Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam dan dapat diunduh pada laman web : http://www.pendis.kemenag.go.id/
  13. Setiap operator pendataan EMIS tingkat satuan pendidikan diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu melalui laman web : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/
  14. Informasi mengenai kesiapan Aplikasi Dekstop EMIS dan Aplikasi EMIS Online Semester Ganjil TP 2015/2016 akan kami informasikan pada kesempatan selanjutnya.
  15. Format isian Siswa untuk mempermudah entri data siswa ke Format Ms. Excel EMIS yang harus diisi oleh Orang Tua Siswa bisa di download di sini 
  16. Format isian Personal untuk mempermudah entri data personal ke Format Ms. Excel EMIS diisi oleh personal di entri oleh Operator bisa di download disini
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

4 komentar:

  1. kumahanya ngalebetan emis 2015/2016 sem.ganjil eror wae ?

    BalasHapus
  2. kumahanya ngalebetan emis 2015/2016 sem.ganjil eror wae ?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ker pere kudu. gawe wae.........
    leuleus.......

    BalasHapus