Kamis, 23 Februari 2017

UPDATE DATA EMIS SEMESTER GENAP TP 2016/2017 JENJANG RA, MI, MTs DAN MA (DESKTOP DAN ONLINE)



Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Disampaikan dengan hormat, sehubungan dengan telah diluncurkannya  aplikasi  Desktop Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, maka dengan ini kami informasikan beberapa hal sebagai  berikut :
1.      Sebelum melakukan updating data semester genap TP 2016/2017, madrasah yang belum melakukan verifikasi dan validasi satuan pendidikan (Verval-SP) EMIS diharuskan menyelesaikan Verval SP EMIS selambat-lambatnya pada tanggal 28 Februari 2017.
2.      Aplikasi Desktop dan Form Emis Excel dapat diunduh pada akun emis SDM masing-masing pada laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
3.      Untuk lembaga yang harus melakukan revisi / masih terdapat kekurangan pada data yang diupload pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Silahkan untuk melakukan revisi pada semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.   
4.      Untuk Lembaga yang terdapat perubahan, baik pada data Siswa maupun data PTK mohon untuk melakukan update pada semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
5.      Untuk lembaga yang sudah sesuai / tidak terdapat kekurangan pada data yang diupload pada Semester Gasal  Tahun Pelajaran 2016/2017 dan tidak terdapat perubahan data (data semester genap sama dengan semester ganjil)  dapat langsung melakukan konfirmasi pada laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617, dengan catatan data siswa sudah sesuai dengan data pada ijazah jenjang sebelumnya (untuk MTs dan MA).
Silahkan klik  Data Lembaga Yang Sudah OK
6.      Untuk jenjang RA/MI pastikan data sudah sesuai dengan akte kelahiran/kartu keluarga.
7.   Update Online EMIS melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617, sudah dapat dilakukan. 
8.    Update Online  EMIS sudah harus selesai paling lambat sampai tanggal 07 Maret 2017
9.   Setelah melakukan update Online segera sampaikan konfirmasi ke operator Kabupaten baik melalui Telepon maupun WA.   (085222276097)
10.      Panduan Updating Data EMIS Semester Genap TP 2016/2017   
a.        Mekanisme  Perbaikan/Update Data pada Semester  Genap
Perbaikan/Update Data pada Semester  Genap  ini  sesungguhnya rangkaian berkelanjutan dari Update Semester Ganjil. Lembaga jika pada semester Ganjil sudah melakukan upload dan yakindatanya sdh sesuai dengam kondisi semester Genap ini, sesungguhnya lembaga hanya tinggal klik ulang tombol konfirmasi melalui akun lembaga.
b.        Revisi  Ruang Kelas
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Sarpras dan sub menu Rincian Ruang Kelas, silahkan semua kolom pada pertanyaan tersebut diisi dengan sempurna dan se-akurat mungkin sesuai dengan kondisi riil di lapangan (jangan sampai ada kolom yang tidak diisi). Pehatikan Satuan Panjang dan Lebar dalam satuan meter (m). Jumlah Baris data pada tampilan tersebut mencerminkan jumlah ruangan kelas yang digunakan.
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa pada sub menu Rombel Ganjil TP 2016/2017 (abaikan keterangan Ganjil). Jumlah Baris akan terekam dari form rincian Ruang Kelas pada menu sarpras.
c.        Revisi  Kelas Paralel 
Perhatikan pada form xls, kolom Kelas Pararel dan No Absen. Kelas pararel wajib diisi dengan format angka 01, 02, dst sebanyak berapa kelas pararel pada satu jenjang kelas tertentu. Bilamana tidak memiliki kelas pararel alias hanya satu rombel saja pada jenjang kelas tertentu, maka pada kolom kelas pararel diisikan dengan format angka 01.
Untuk Nomor absen, silahkan diisikan berapa nomor absen siswa tersebut dalam satu rombel dengan format angka 1, 2, 3, dstnya. No Absen ini akan berulang mulai angka 1 kembali bilamana kelas dan kelas pararelnya sudah berbeda rombel.
d.        Revisi  TMT Awal Guru
Perhatikan pada form xls untuk data detil ptk, silahkan cermati kolom tanggal lahir dan sk tmt awal. Usia diangkat sebagai Guru bilamana menurut acuan Undang-Undang Ketenagakerjaan maka usia minimal tenaga kerja adalah  16  Tahun
e.        Revisi Riwayat Pendidikan Guru
Perhatikan pada form xls untuk data detil ptk, silahkan cermati kolom riwayat pendidian bagi PTK dgn jenjang minimal D4/S1, banyak yang di kolom ini tdk “terisi” dgn baik.
f.         Revisi PPDB Daftar PPDB Diterima 
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa sub Menu Ringkasan PPDB. Isikan form tersebut dengan lengkap dan Akurat. Ingat Logika matematika berlaku disini bahwasannya Daya Tampung tidak boleh melebihi daftar siswa yang diterima, jumlah siswa diterima juga tidak boleh melebihi jumlah siswa pendaftar. Jumlah siswa disini (diterima) cek dengan data detil siswa. Ingat berlaku rumus matematika bahwasannya jumlah siswa detil (siswa baru) tdk boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini.
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa sub Menu pendaftar TP 2016/2017. Isikan sebaran Jumlah Siswa Pendaftar dan diterima sesuai dengan kategori asal siswa. Ingat Jumlah siswa pendaftar dan di terima harus sesuai dengan jumlah pendaftar dan di terima dari sub menu ringkasan PPDB. Jumlah siswa disini (diterima) cek dengan data detil siswa. Ingat berlaku rumus matematika bahwasannya jumlah siswa detil (siswa baru) tdk boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini.
g.        Revisi Siswa Tahun Lalu
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa sub Menu siswa dan rombel 2015/2016. Isikan form tersebut dengan akurat dan cermat (termasuk data DO, pindah masuk, pindah keluasr) isikan dengan cermat sesuai dengan kondisi riil yang terjadi selama TP 2015/2016. Pada Siswa Naik Tingkat cek dengan jumlah siswa detil. Ingat berlaku rumus matematika contohnya jumlah siswa detil di kelas 2 (saat ini) yg berasal dari kelas 1 sebelumnya tidak boleh lebih besar dari jumlah siswa naik kelas pada form ini.
h.        Revisi  Sarpras
Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Sarpras. Silahkan lengkapi data sarpras seakurat mungkin. Catatan jika tidak memiliki jumlah unit yang ditanyakan silahkan diisikan dengan angka 0, namun jika memiliki jumlah unit yang ditanyakan silahkan isikan dengan angka 1, 2,3 dstnya sesuai dengan jumlah unit. Isikan angka sesuai dengan kolom form yang diminta. Contohnya jika yang diminta jumlah unit silahkan isikan dengan jumlah Unit yang dimiliki atas satuan yang diminta, jika yang diminta luasan maka isikan jumlah luasan ruang dari unit yang dihitung dalam satuan meter persegi
i.          Revisi Lulusan
Perhatikan pada form xls, pada detil Lulusan, Silahkan diisikan setiap kolom data informasi terkait Lulusan dengan Lengkap dan Akurat. Ingat Tidak Boleh satu pun kolom yang tercecer yang tidak diisi atau salah format pengisian nilai2 hasil UN/US pada masing-masing mapel. 
Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan segera ditindaklanjuti. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar